MUI Balikpapan Ajak Ngaji Bareng Ustadz di 11 Masjid

49

Warga Kota Minyak punya alternatif pilihan dalam mengisi aktivitas ibadah selama puasa. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Balikpapan menghadirkan program khusus selama Ramadan yakni Ngaji Bareng Ustaz (NBU). Dalam kegiatan tersebut, masyarakat dapat mendengar ceramah dan berkomunikasi langsung dengan ustaz.

Sekretaris MUI Balikpapan Jaelani mengatakan, NBU dapat menjadi ajang komunikasi antara ulama, MUI, dan masyarakat. Dari sisi MUI, mereka bisa memberikan informasi dan klarifikasi perihal ajaran Islam yang sebenarnya. Misalnya saja jika di suatu daerah pernah mendengar ceramah atau mendapat pelajaran agama yang terkesan menyimpang dan mengganggu di telinga jamaah.

“Mereka bisa sampaikan langsung berbagai pengalaman atau pertanyaan di program itu. Sehingga MUI bisa meluruskan maksud dan ajaran yang tepat,” ujarnya. Dia pun mengakui, zaman sekarang terkadang antara ulama juga memiliki perbedaan pendapat. Belum lagi, hukum terus mengalami dinamika karena zaman berkembang.

Ada banyak hal yang menjadi pembahasan masyarakat. Contohnya dulu zaman Rasulullah, orang melakukan fitrah dengan gandum. Penerapan itu sudah tidak sesuai lagi di zaman kekinian karena mencari gandum saja sulit. Kemudian sekian tahun lalu, masyarakat fitrah cukup dengan 2,5 kilogram beras.

Sekarang aturan tersebut sudah berubah. Setelah melalui pencarian hukum dan dasar, lahir hitungan yang menentukan fitrah sebesar 3 kilogram beras.

Sementara itu, program NBU sudah berjalan lancar hingga hari ini memasuki Ramadan ke-12. Menurutnya, baik ulama serta isi dakwah bagus. Mereka mengingatkan umat Islam untuk meningkatkan iman, takwa dan menjauhi larangan Allah. “Tidak ada dakwah yang memicu perdebatan dan polemik. Sampai hari ini semua ceramah ulama terpantau bagus,” tuturnya.

Sesuai jadwal, kegiatan NBU berlangsung di 11 masjid yang tersebar di enam wilayah kecamatan Balikpapan (lihat grafis). Empat masjid sudah berlangsung beberapa hari lalu. Di mana, Masjid Al-Amin AURI menjadi masjid pertama yang menggelar kegiatan pada 21 Mei. Ada pula pemateri NBU yakni ustaz-ustaz dari MUI Balikpapan. (gel/one/k18/balikpapan.prokal.com)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *